Main game lagi!

December 25, 2014 § Leave a comment

Bismillah.

Waduh sekarang-sekarang ini gua lagi keasikan main game lagi (penilaian dari temen-temen nih gue orangnya jarang main game). Mana ngabisin waktu banget lagi duh. Bisa seharian 24 jam kaga tidur main game doang! ah. Belajarnya kapaaan?? alasannya sih iseng main game lagi. Soalnya pas sd pernah ke begini juga akhirnya tobat dah sampe SMA. Eh kayanya sekarang keracunan lagi duh. Tapi ternyata ada bacaan menarik nih yang jadi alasan gue main game lagi. Ini dia.

sumber : https://www.zenius.net/blog/2119/kata-siapa-maen-game-itu-gak-ada-manfaatnya

Kata siapa maen game itu gak ada manfaatnya?

Video game itu bagus buat lo

Loh, kenapa gitu? Bukannya main video game itu cuma buang-buang waktu ya? Bukannya main video game itu ganggu kita belajar? Bukannya video game itu bikin kita bego ya?

Gue mau bilang di tulisan ini, kalo semua itu salah. Video game itu buruk kalau lo mainnya kebanyakan. Nah, kata kuncinya adalah “kebanyakan”. Kalo kita lihat definisinya, kebanyakan artinya lebih dari yang dibutuhkan. Ya semua hal kalo kebanyakan, gak baik, lah. Contoh, deh. Lo pasti setuju kalo makan atau tidur itu hal yang baik. Iya, lah. tapi, kalo makan atau tidur kebanyakan, gimana? Gak baik. Bukan berarti artinya lo jadinya gak makan atau tidur, kan? Tapi ya akhirnya lo batasin makan atau tidur lo supaya gak kebanyakan.

Nah, trus, bagusnya video game buat kita, apaan sih ?? Oke gua coba jelasin ke lo yah..

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM-SOLVING DAN KREATIVITAS

Video game dapat meningkatkan kecepatan otak memproses informasi, meningkatkan kemampuanreasoning, dan problem-solving. Orang yang maen video game kemampuan kognitifnya 20% lebih tinggi  dibandingkan yang gak maen video game

Kenapa bisa gitu? Sebenernya video game itu isinya serangkaian problem yang harus lo selesein, kan? Untuk namatin sebuah game, lo harus nyelesein masalah-masalah yang ada di situ dulu.

36h95yLo harus nyari informasi, analisis, coba-coba berbagai macam cara, rencanain strategi untuk lewatin sebuah level atau stage. Ditambah, lo harus ngerti peraturan-peraturannya, struktur, gimana hal-hal dalam game itu berinteraksi satu sama lain. Setelah lo ngerti itu semua, lo punya kendali akan hal yang ada di situ. Ini yang sebenernya meningkatkan kreativitas. Gimana cara lo menyelesaikan masalah di dalam game, itu terserah lo, yang penting masalah terselesaikan. Tergantung lo sukanya kayak gimana. Pada akhirnya, lo mengekspresikan hasil pemikiran lo.

Trus, gunanya ini semua buat lo, apa? Jelas.. soal-soal itu kan sebenernya adalah sebuah problemyang harus lo selesein. Intinya, proses berpikir yang lo lakuin ketika ngerjain soal dan nyelesein levelatau stage di game itu sama persis. Dengan maen game, proses berpikir itu terlatih sambil lo ngisi waktu luang lo buat have fun !

Buat sarana belajar Bahasa Inggris

Lo bisa belajar bahasa inggris dari video game, men. “Kalo belajar Bahasa Inggris, kan gak harus mainvideo game, bisa yang lain”. Memang belajar bahasa inggris gak cuma bisa dari game, tapi video game punya hal penting yang media lain gak punya, yaitu keterlibatan diri lo. Misal, lo nonton film, walaupun lo gak sepenuhnya ngerti apa yang terjadi, ya ceritanya tetep berjalan. Buku juga kaya gitu. Lo ga sepenuhnya ngerti halaman sebelumnya, tapi ya bisa aja lo lanjut ke halaman selanjutnya. Nah, dalam video game, kalo lo gak ngerti apa yang terjadi, lo harus ngapain dan harus ke mana, ya lostuck. Gak bisa ngelanjutin ceritanya.

Video game menuntut lo untuk ngerti semua yang terjadi. Lo harus ngerti semua vocab dan grammaryang ada. Salah ngerti, ya gak bisa ngapa-ngapain karena salah informasi dan akhirnya lo salah tujuan. Jadi, dengan maen video game, kalo ada yang lo gak ngerti, lo ada keharusan untuk nyari tau. Dengan gitu, ya lama-lama bahasa inggris lo meningkat, dong.

Note: Hal ini berlaku untuk game yang memiliki cerita, bukan game macam candy crush atau angry birds.

Lo bakal lebih cepet ngambil keputusan

Orang yang maen game memiliki kemampuan mengambil keputusan 25% lebih cepat dari yang tidak maen game. Kenapa bisa gitu? Dalam video game sering banget butuh kecepatan lo ngambil keputusan. Lo dikasih suatu masalah, dan harus secepat mungkin nyelesein itu. Kalo enggak, ya kalah. Sebenernya, ini gak jauh-jauh dari nomor 1 di atas. Kemampuan problem-solving dilatih terus-menerus, ya lama-lama ngambil keputusan untuk nyelesein masalah itu akan jadi lebih cepet.

Trus, pentingnya ini buat lo, apa? gini. Kalo lo ngerjain soal, gak ada batas waktunya, ya ini gak ada gunanya. Lo ngambil keputusan cepet -> ngerjain soal lebih cepet.

Lo bakal lebih gampang inget dan fokus

Maen video game dapat meningkatkan short-term dan long-term memory, serta fokus.  Gila. Mainvideo game bisa bikin ingatan lo lebih baik, trus bikin lo lebih gampang fokus. Kenapa bisa gitu? banyak hal yang harus lo perhatiin pas main game. Misal darah lo, darah musuh lo, arah tembakan lo, arah gerakan lo, musuh lo ada di mana, skor lo, peluru lo, dll. Lo harus perhatiin semuanya, tapi harus juga tetep fokus ke satu hal, yaitu masalah yang harus lo selesein. Bengong dikit, kalah. Jadi, lo dilatih untuk multitasking, tapi tetep fokus. Lo dituntut untuk inget semua informasi itu, sembari ngejalanin karakter lo.

Trus, pentingnya ini buat lo, apa? jelas banget lah ya buat yang ini. Memory lo jadi lebih bagus, jadi pas ngerjain soal gak bengong-bengong lupa. Fokus? Ya lo ngerjain soal jadi gak gampang terganggu. Bisa lebih cepet, gak dikejar-kejar waktu, deh.

Ningkatin kemampuan membaca

Maen video game selama dua belas jam lebih meningkatkan kemampuan membaca daripada baca buku selama dua belas jam, karena peningkatan attention span.  Nah, sebenernya ini masih ada hubungannya sama nomor 4. Karena bisa lebih fokus, kemampuan membaca lo meningkat. Bahkan lebih meningkat lo main game dibanding lo baca buku, gila gak?

Maksudnya kemampuan membaca meningkat, tuh apa sih? Lo bisa ngerti isi dari suatu bacaan lebih cepet. Trus, gunanya buat apa? waktu lo baca teks-teks panjang jadi gak kebuang. Penting, kan?

Nah satu lagi yang paling penting dan sayang banget kelewat, dengan segudang manfaat yang bisa lo dapet itu, ujung-ujungnya semua itu bisa lo dapet dengan cara fun! Oh ya, satu lagi nih bocoran dari gua, bisa gua bilang semua tutor-tutor zenius yang lo dengerin videonya tuh gamer semua ! Kalo gak percaya coba aja tuh lo tanyain mereka di twitter. Siapa tau ada yang tertarik ngajak ngadu maen game, hahaha..

Gimana? Masih nganggep main game itu buang-buang waktu ? Nah sekarang udah pada beres UTS dan mau liburan kan? Have fun gaming !

[Catatan Editor : Nah biar seru, coba deh lo comment dnk di bawah artikel ini tentang game yang menurut lo keren, ceritain juga kenapa menurut lo game itu keren. Nanti kita bahas, Okei ?? ]

========================================================================

Sumber jurnal ilmiah:
[1] http://www.defense.gov/news/newsarticle.aspx?id=57695
[2] http://dmlcentral.net/sites/dmlcentral/files/resource_files/Olson_Motivations_for_Play_final.pdf
[3] http://rochester.edu/news/show.php?id=3679
[4] http://www.nature.com/nature/journal/v501/n7465/full/nature12486.html
[5] http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0960982213000791
Nah.  Ternyata yang penting jangan berlebihan! yoh doakeun gue bisa belajar konsisten lagi hahaha 😀
Advertisements

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Main game lagi! at eibidifaiq.

meta

%d bloggers like this: