Teruntuk sahabatku tercinta.

January 15, 2015 § Leave a comment

Bismillah.

Yo whats up? Hehehe. Gue alhamdulillah masih sering reunian sama temen-temen sd dan smp. Kalo temen-temen tk kayanya udah pada lupa haha. Nah, kalo lagi nongkrong sama temen-temen sd atau smp pada gapercaya gitu kalo di SMA gue pernah jadi orang yang ngurusin masjid. Ya pas SMA gue kena musibah jadi ketua dkm/rohis. Sebejad itukah gue saat smp atau sd sampe temen-temen gue pada gapercaya? Huhu syedih ūüė¶ wuakakakaka.

Tapi gue sangat bersyukur banget bisa masuk ke lingkungan orang-orang sholeh di dkm, alumninya dan teman-teman seperjuangan yang sama-sama berjuang di jalan dakwah. Duh berat banget bahasanya ya. Oke jadi kan gue orangnya sangat fudul ya, penasaran mulu sama beberapa hal. Gue suka tuh baca buku biografi entah itu pahlawan, politikus sampe artis sekalipun. Gue penasaran aja kenapa mereka bisa sangat berpengaruh. Apa yang mereka lakuin sih? Sama-sama makan nasi kan? haha.

Karena gue pernah jadi anggota rohis, gue juga penasaran kan sama kaka kelas/kader-kader dakwah yang punya prestasi banyak. Apa sih yang membuat mereka istiqomah di jalan dakwah? Kenapa sih mereka mau-mau aja gtu balik ke SMA buat ngisi mentoring? padahal kan anak SMA kalo diajak mentoring suka males-malesan, malah ada yang cabut-cabutan (pengalaman pribadi hehe). Dari rasa penasaran itu alhamdulillah gue dapet banyak ilmu setelah usaha nyari tulisan, profil, karya mereka. Gue analisis lewat blog mereka juga curhatan-curhatan mereka dan lain-lainnya. Biasanya gue nyari yang alumni atau mahasiswa itb. Karena gue emang pengen masuk itb tahun ini hehe. Disini nih tulisan-tulisan mereka yang menurut gue keren dan jadi sumber motivasi kalo lagi males sama hal-hal yang berkaitan dengan dakwah. Kang peha, Kang ryan, kang Ucup, kang rihandaulah, kang panji dan kang yorga.

Nah kali ini kang agus sutisna mau sharing pengalamannya kenapa masih bisa dan mau bertahan di jalan dakwah. Beliau angkatan 2008 sman 1, kuliah di stan, sekarang kerja di BPKP Palembang. Beristri dan in syaa Allah akhir Januari ini jadi ayah, mohon doanya ya. Di sma pernah jadi koordinator seni islam DKM, paskribaka, osis, kir, dan anak pramuka.
Selepas lulus sma masuk forkom alims, jadi mas’ul dan majelis syuro. Ini beberapa media sosialnya bisa di fudulin kalo ada dari pembaca yang ingin lebih mengetahui siapa beliau. Twitter, facebook, blog. Cekidot.

* Assalamu’alaikum warahmatullah wabara kathu

* Jazakallah kpd akh faiq yg sdh memberikan kesempatan kpd ane bs share d sini

*Tadi sekilas biodata saya telah dijelaskan oleh akh faiq

* Baiklah,  insya Allah sy share pengalaman sy dr dakwah sekolah, kmpus dan dakwah kantor

* Seperti halnya antum di sini,  ane melewati masa sekolah SD,  SMP,  SMA, Kuliah, kerja dan nikah(ups klo nikah blm smw y hee)

* Ane mengenal tarbiyah islam sejak SD yaitu di pesantren TPA,  TQA (pulang pergi). Di SMP sdh dikader jadi ketua rohis, ketua koprasi,  ketua pramuka (pratama) dan ketua osis.  Jabatan ini menurut sy sangat kejam.  Hhe

* Nah,¬† tapi di SMP ane blm faham dakwah sesungguhnya. Jadi blm tahu tentang urgensi dan pentingnya dakwah sekolah.¬† Yg ane tahu hny khairunnasi anfa’ahum linnas

*afwan klo harakatnya g tepat hhe.  Ok lanjut

* Nah,  mulai ane masuk SMANSA BOGOR. Di sini ane ketemu yg namanya Mentoring,  liqo,  usrah atau halaqah.  Ane mulai ngerasa ad atmosfer di masa SMA.  Pergaulan kota bogor saat itu lbh jelek dr kabupaten.  Hhe.

*Nah,  tp ane ikut mentoring sm aa senior dan jg smpet diisi mentoring oleh A andri. 

Di sini ane mulai menemukan jati diri.  Sifat ane yg pecicilan hhe, berkembang bersamaan dgn trjunnya ane di dakwah sekolah.  Awalny ane rendah diri,  namun setelah mengetahui betapa pentingnya pembinaan islam di sekolah2, ane langsung cinta ama yg namanya dakwah sekolah.

* Kelas XI.  Ane masuk ke dakwah ranah siyasi,  mksdnya masuk k dalam organisasi umum untuk mewarnainya dgn islam. Wajihah yg ane masuki ada 5. Paskibra skolah,  pramuka,  degung,  seni drama,  dkm dan OSIS.  (jgn dicontoh)

* Alhmdulillah,  lumayan ane bs sdikit ngasih kontribusi. Tapi ikhwahfillah,  hal ini GAK MUDAH.

*Krn kefuturan sering melanda ane dan kawan2 dlm dakwah di SMA

*Tapi satu kuncinya,  tetaplah dlm jamaah yg sholeh dan trus intropeksi diri.  Okeh kita lanjut lulus SMA.

*Pasca SMA,  ane sempet mau KELUAR dr dakwah.

* Hal ini dikarenakan kefuturan yg melanda pasca lepas dari kegiatan ekstrakurikuler sekolah krn mau ujian akhir.

* Namun Alhmdulillah, Allah msh memberikan petunjuk sehingga ane dipaksa jadi Mentor.  Ane rasa jni jebakan dr akh ikbal hehe.

* Ane keterima di STAN dan UI jurusan teknik mesin. Tapi ane ambil STAN di tangerang.  Dr rmh itu 2 jam naik motor.

* Ane memutuskan kembali ke sekolah untuk ngisi mentoring k sekolah.  Entah kenapa ane merasa hutang budi dengan dakwah ini.

*Ane ngerasa, klo senior2 ane dulu gak ngisi mentoring ke ane,  ane entah jadi anak kyk apa. Bisa jadi kyk di ganteng2 srigala.  Hehe

* Nah inilah yg mnjadi awal ane sdar klo dakwah sekolah merupakan URGEN banget!!!!!!

* Okeh lanjut ya.

*: Nah stelah lulus kuliah,  ane dipekerjakan di tansi pemerintah BPKP (BADAN PENGAWAS KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN) kota palembang. Nah di sini akhir dr dakwah sekolah ane.

* sadari,  ane g bs slamanya bs turun utk lngsung membina siswa sma dan smp. Ada h

Tahapan yg ane hrs masuki. Dan antum yg muda yg menggantikan ane dkk utk TURUN KE SEKOLAH

* ane masuk ke dakwah kantor.  Dan disini lbh sulit dr dakwah sekolah.  Dakwah itu taruhannya prinsip.  Waktunya kita mengaplikasikan materi liqo.

Singkat cerita,  di palembang,  DAKWAH SEKOLAHnya KACAU.

*krn apa? Krn:

  1. Lulusan kader dakwahnya kuliah di luar palembang.
  2. Letak geografis di sumsel yg berjauhan tidak seperti di bogor yg mudah mengadakan kajian islam akbar.
  3. Watak yg agak keras.
  4. Sumber buku islam yg sangat sedikit.
  5. Kajian islam yg sedikit.
  6. Smngat yg kndur dlm dakwah islam.
  7. Liqo yg tdk sehat krn kekurangan mentor.

* Jadi antum bersyukur akhi wa ukhti di bogor.  Gak ad alasan antum untuk mundur dr dakwah sekolah.

*Buku melimpah ruah,  kajian ad di mana2.  Kawan sefikrah banyak.  Liqo available.  Lalu jarak antar ikhwah dekat.

* Andai sy bisa kmbali k dkwah sekolah,  sy siap turun lagi. Krn itu merupakan salah satu ladang dan ikhtiar sy untuk memperoleh pahala yg melimpah ruah.

* Krn dakwah merupakan wasiat Rasulullah SAW.

* saja akh faiq dkk yg bs ane bagikan. Afwan jika dlm tulisan ane ad yg kurang berkenan.

* Oia tambahan

*Hasil duniawi yg antum peroleh,  ketika kita terjun di dakwah adlh seperti:

* 1. Kebiasaan kita senyum,  memecahkan masalah dan juga komunikasi yg baik,  Alhmdulillah  di palembang ini ane dipeecaya jd bndahara bidang,  pengisi doa dan juga pengajar bagi kab kota yg ada di sumsel.

  1. Kita juga dipercaya dlm tugas, krn kebiasaan kita di dakwah sekolah yg berpikir cepat, kreatif dalam membungkus kebaikan. Dan tentu niat krn Allah sehingga kinerja akan optimal.

Dll.. 

Nah gimane? buat temen-temen sesama muslim. Yuk jangan lelah dalam berdakwah. Karena ternyata berdakwah bukan hanya untuk para da’i. Di alqur’an ada tuh yang menjelaskan kalo seorang muslim yang sudah bersyahadat wajib berdakwah. Tapi gue lupa ayat berapa sorry hehehe.

wallahualam bishawab tumblr_m7nwfplnMi1qfwp61o1_1280

Tagged: ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Teruntuk sahabatku tercinta. at eibidifaiq.

meta

