Sekolah gapenting, gausah sekolah! Bener?

February 4, 2015 § 2 Comments

Bismillah.

Tadi pagi gue ngedengerin ibu gue lagi ngobrol sama tetangga sebelah. Gue bukan nguping yaa tapi gasengaja denger hehe. Topik pembicaraannya cukup menarik. Yaitu mengenai sekolah.

“Iya nih bu anak saya maunya langsung kerja, males sekolah (kuliah) duh pusing deh anak-anak zaman sekarang maunya apa..”

Sebenernya sekolah penting ga sih? Banyak pendapat yang bertebaran untuk menjawab pertanyaan ini. Kalo menurut gue sih penting ilmunya, gaterlalu penting gelar/ijazahnya. Malah gapenting cuman ngejar gelar sarjana, mending gausah sekolah. Lah? Jadi gimana dong ko jawabannya gitu?

Oke ini opini, fakta dan pemikiran gue ya. Berbeda pendapat sudah biasa jadi nyantai aja gausah kesel abis baca blog ini. Hehe.

“Sekolah tuh penting!! Kamu harus punya nilai tinggi!! Titik!”

Begitulah biasanya orang tua yang sangat sayang dan cinta sekali dengan anaknya. Atau orang tua yang sangat otoriter ya? Entahlah. Tapi bener juga. Sekolah setinggi-tinginya itu bagus, apalagi dengan nilai yang tinggi juga. Karena sekolah itu membentuk banyak kebiasaan positif seperti disiplin, meningkatkan curiosity, pantang menyerah, diskusi dan masih banyak lagi.

Sekolah juga mempunyai lingkungan positif untuk terus belajar, lingkungan diskusi, dan lingkungan yang bernilai positif lainnya. Dan yang paling penting dari sekolah adalah ilmunya, karena ilmu yang bermanfaat akan menurunkan ridho Allah swt. Yang memberikan efek positif di dimensi dunia maupun di akhirat. Azigh.

Tapi, sekolah itu ada negatifnya!! Waduuuh? Masa sih?? Ah enggalah!!

Oke, ini dia kenapa sekolah negatif. Pertama kalo sekolah hanya untuk mengejar nilai yang tinggi dan tidak memperdulikan esensi dari ilmu itu sendiri. Sekolah akan jadi gak berguna! Seseorang akan melakukan segala cara untuk mencapai tujuannya (nilai tinggi) tersebut dengan segala cara seperti mencontek, joki, dan segala bentuk kecurangan. Belajar yang hanya untuk ujian (hafalan) dan ketika ulangan/ujian itu sudah selesai. Blash!! Ilang semua apa yang sudah dipelajari.

Sama halnya juga ketika sekolah untuk mendapatkan gelar dan tujuan utamanya masalah finansial. Gausah sekolah!! mending langsung aja jualan, jadi enterpreuner. Ngapain cape-cape sekolah untuk itu. Toh buang-buang waktu juga selama 4tahun mending langsung buka toko daripada ngerjain tugas dari dosen yang gaada dan dapet duitnya. Betul kan?

Jadi yang paling penting adalah untuk masa BELAJAR nya. Karena esensi paling utama dari belajar adalah proses dalam mendapatkan ilmu itu sendiri dan membentuk kebiasaan-kebiasaan positif. Hasil dalam bentuk nilai, ijazah memang penting. Tapi di dunia nyata lebih penting soft skill, yaitu hasil proses pembelajaran dari sekolah.

Okelah memang banyak tokoh yang memberikan pengaruh yang luar biasa pada dunia, walaupun di dunia sekolah mereka hancur. Seperti susi pudjiastuti, einstein, edison, dan masih banyak lagi. Mereka adalah manusia manusia yang sukses tanpa lewat jalur pendidikan di sekolah. Mereka pantang menyerah di univesitas kehidupan, sesuai dengan passion mereka masing-masing. Alasan ini bukan gue jadikan alasan untuk malas kuliah/sekolah. Tapi yuk mari benerin lagi niat niat kita dalam belajar di sekolah. Apakah sudah benar, apakah sudah sesuai dengan keridhoan-Nya. Karena semakin banyak ilmu harusnya semakin mendekatkan kita pada Allah swt bukan sebaliknya.

Gue mendukung sekolah setingi-tingginya, dan gue harus sekolah. Karena susi pudjiastuti pernah mengatakan.

“kita yang tidak sekolah butuh 10x extra kerja keras untuk sukses, survive dan bertahan hidup dibanding seorang yang sarjana”

Tapi semua balik ke pilihan kita masing-masing. Kita sendiri lah yang menjalani. Tidak ada yang salah, dan tidak ada yang benar dalam masalah ini. Yang penting jangan pernah lelah untuk belajar!!

nsl

Advertisements

Tagged:

§ 2 Responses to Sekolah gapenting, gausah sekolah! Bener?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Sekolah gapenting, gausah sekolah! Bener? at eibidifaiq.

meta

%d bloggers like this: