Berlatih berbahasa (kasar) ?

February 24, 2015 § 4 Comments

Bismillah.

Gue lagi suka sama karya-karyanya raditya dika, shitlicious dan teman-temannya. Walaupun sepertinya telambat tau dan suka. Tapi biarin. Daripada gatau sama sekali karya-karya mereka yang keren. Bahasa mereka entah kenapa keren, gokil, logis. N T A P lah kosa kata sekarang mah. Tapi ada buruknya di mata beberapa orang karena kosa kata mereka yang (katanya) bermakna kasar, jorok dan tidak baik.

Gue cek juga tulisan-tulisan gue selama ini di blog. Wah gue terpengaruh nih sama mereka, ada bahasa gue yang kasar. Dan gue di kritik di ask.fm. Alhamdulillah. Masih ada yang mau baca tulisan sampah di blog ini dan mau mengkritik huahahahaha. Terima kasih anonymous ask.fm.

Karena gue orang islam gue harus mengikuti semua aturannya dong. Dan islam memang indah.

Tapi…….. Ko ada ya ustadz yang ketika berdakwah, kadang suka memakai bahasa yang kasar saat ceramah/tabligh. Gue nyari tau deh alasannya kan. Wah ternyata boleh broo.

Nah loh? Allah kan membenci dan melarang. Banyak bicara dan berkata kotor?? Masa di bolehin.

Gini brader yang di rahmati Allah. Setelah gue mikir dan mencari jawabannya. Ada beberapa poin berdasarkan hasil bacaan dan pemikiran gue.

Pertama bahasa kasar ga selalu jelek. Mungkin hanya beberapa orang yang menganggap itu kasar, dan ternyata ada sebagian orang lainnya tidak menganggap kasar. Karena faktor kebudayaan dan lain hal.

Kedua tergantung niat kite. Seorang ustadz memakai bahasa yang (katanya) kasar mungkin untuk melawak dan diniatkan supaya nyampe makna dari apa yang beliau sampaikan. Dan beliau sudah memikirkan secara matang, ketika ingin menggunakan kosa kata yang (katanya) kasar tersebut.

Ketiga memang Allah menyuruh kita untuk tidak banyak bicara, berkata kasar dan berbuat keji. Tapi mosok kita diem mulu sebagai seorang muslim terhadap kehancuran dan kemaksiatan di depan mata kita. Haruslah pasti bergerak dan berdakwah itu wajib hukumnya. Dan memakai bahasa yang (katanya) kasar, bisa saja diwajibkan. Alasannya supaya islam rahmatan lil alamin bro, islam masuk ke segala dimensi kehidupan. Anak gawl jaman sekarang kurang greget kalo diceramahin dengan cara lama. Mungkin kita harus merubah cara dengan gaya bahasa yang seperti ini. Dan semua ini memang harus diniatkan lillahitaala.

Allahualam.

aaa

Advertisements

§ 4 Responses to Berlatih berbahasa (kasar) ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Berlatih berbahasa (kasar) ? at eibidifaiq.

meta

%d bloggers like this: