Kalo lagi nonton TV, tepatnya pas nonton infotainment, kadang gue mikir “Kok enak banget ya, jadi selebritas?”
Iya, selebritas.. Nyebutnya bukan “selebriti” kayak diajarin tipi-tipi. Contohnya, kata “University”, begitu diserap ke dalam bahasa Indonesia, menjadi Universitas, bukan universiti. So, kata “Celebrity” harusnya juga jadi selebritas, bukan selebriti.
Oke, mari kembali ke topik utama. Jadi selebritas tuh kayaknya seru banget. Banyak orang yang perhatian. Dia cukur rambut doang pun masuk berita. Dia bikin rujak di rumah pun ada yang ngeliput. Dia ganti popok anak pun, seakan-akan orang se-Indonesia harus tau, sampai disiarin secara langsung di tipi. Beda banget sama rakyat jelata kayak gue. Jarang ada yang peduli. Sekalinya ada yang ngucapin selamat pagi, paling mbak-mbak kasir swalayan. Sekalinya direkam kamera, paling CCTV swalayan.
Selain banyak orang yang peduli, jadi selebritas juga identik dengan banyak duit. Misal tuh orang main sinetron, kalo satu episode dia dibayar sedikitnya satu juta rupiah aja, bayangkan berapa duit yang dia terima setelah main sinetron semacam Tukang Bubur Naik Haji yang udah tembus lebih dari 2000 episode itu. Tentunya duitnya udah cukup buat beli batu akik 10 kardus. Itu baru dari sinetron, bayangkan kalo kayak Raffi Ahmad. Sehari dia bisa nongol di empat program TV berbeda. Kalo sedikitnya dia dibayar satu juta per program. Gajinya setiap bulan bisa buat beliin sapi orang-orang sekampung.
Nah, dari fakta-fakta itu, gue yakin banyak orang yang pengin jadi terkenal. So, gue pun ngelakuin riset untuk menemukan cara agar bisa jadi orang terkenal. Mau tau apa aja caranya? Yuk simak pembahasan gue ini!
Sensasi
Ini jalan yang paling sering ditempuh oleh orang-orang yang pengin jadi terkenal. Kenapa? Karena dari hasil pengamatan gue, orang yang bermasalah, biasanya lebih diperhatikan oleh orang lain dibandingkan orang yang berprestasi.
Nggak percaya?
Coba sekarang gue tanya, lo tau nggak siapa aja atlet Indonesia yang bawa medali emas di olimpiade kemarin?
Bingung kan?
Coba sekarang gue tanya, lo tau nggak siapa nama cewek yang kemarin mengaku dihamili oleh mas Adam Suseno?
Yak! Titin Kharisma!
Kenapa gampang mengingat nama itu? Karena kasus Titin ini lebih sering dibahas media dibanding prestasi atlet olimpiade. Kenapa media lebih suka bahas kasus selebritas dibandingkan prestasi para atlet? Soalnya kalo bahas prestasi para atlet, dikit banget yang mau komentar di beritanya. Lebih rame orang yang komentar di berita-berita sensasional. Ya, people get what they want. Kenyataannya, orang-orang emang lebih suka mencari-cari dan mencaci kekurangan orang lain dibandingkan prestasi orang lain.
Jadi orang terkenal karena sensasi itu emang prosesnya lebih mudah dan cepat. Tapi harap diinget, terkenalnya juga nggak bakal bertahan lama. Sensasi tanpa diimbangi oleh karya, nggak perlu waktu lama untuk membuat orang melupakannya. Mau contohnya? Arya Wiguna.
Karya
Kita lanjut ke soal Arya Wiguna. Masih inget kenapa si Arya terkenal? Ya.. Gara-gara dia ngamuk-ngamuk ke Eyang Subur, terus bilang “Demi Tuhaaaan!!”
Iya, pas dia ngomong gitu, orangnya emang keliatan kocak banget. Gara-gara gimmick si Arya Wiguna yang begitu, akhirnya muncul banyak Meme di social media yang mlesetin kelakuannya pas marah-marah itu. Ini contohnya:
Tapi, selain meme-meme itu, ternyata ada orang kreatif beneran yang mampu menciptakan karya dari video Arya Wiguna marah-marah. Eka Gustiwana. Pastinya kalian udah nggak asing dengan nama itu. Soalnya dia nggak cuma bikin sensasi, tapi bikin karya bernama speech-composing. Setiap ada video yang lagi terkenal, si Eka langsung mengeksekusi video itu menjadi karya barunya yang mampu menghibur masyarakat. Ini salah satu contohnya:
Endingnya apa? Ketenaran si Eka menyaingi pendahulunya, mas Arya Wiguna? Kenapa? Karena Arya Wiguna cuma punya “Demi Tuhaaan!!”, sedangkan Eka Gustiwana punya skill musik beneran yang mampu menciptakan karya-karya hebat lainnya.
So, untuk menjadi orang terkenal yang beneran, tentunya elo harus punya karya dan terus berkarya.
Casting
Ini adalah jalan yang biasa ditempuh oleh orang-orang yang bener-bener pengin menyeburkan diri di dunia seni peran. Di mana setiap ada pengumuman tentang dibukanya casting untuk main sinetron, atau iklan, biasanya orang-orang itu akan langsung datang dan mengikuti castingnya.
Buat yang belum paham apa itu casting, gue jelasin dulu. Casting adalah proses di mana diadakannya seleksi talent/model untuk dipilih oleh produser/sutradara dan kemudian dijadikan pemeran di video/film yang akan diproduksi. Proses casting itu biasanya berisi semacam tes akting. Jadi, biasanya peserta casting akan disodori bagian dialog tertentu dari skenario, lalu diminta untuk berakting di depan kamera. Untuk orang yang belum terbiasa akting, dijamin bakal gelagapan di depan kamera.
So, mengejar karier seni peran melalui jalan casting ini tentunya tidak semudah yang lo kira. Belum tentu dari 10 kali elo ikut casting, berakhir dengan elo bisa mendapatkan peran yang elo harapkan. Tapi kalo itu emang passion lo, terus aja ikut casting sambil belajar akting. Mungkin di casting ke 23452346, elo bisa dapet peran yang elo mau.
Kontes
Di luar sana, ternyata banyak juga selebritas yang mengawali kariernya dengan cara mengikuti kontes. Misal, Artika Sari Devi, namanya memuncak berkat ikut kontes Puteri Indonesia. Lalu band Kotak, namanya melejit berkat mengikuti kontes Dream Band. Lalu Judika, namanya juga dikenal masyarakat berkat mengikuti ajang Indonesian Idol. Dan masih banyak lagi selebritas di luar sana yang mengawali kariernya berkat mengikuti kontes.
Apakah elo juga bisa? Bisa banget!
Kalo bingung mau kontes apa, nih kebetulan kemarin gue nemu info kontes seru buat elo yang pengin mendadak eksis. Jadi, dengan mengikuti kontes ini, elo berkesempatan buat main di film “Bulan Terbelah di Langit Amerika”. Iya, syutingnya di Amrik! Selain itu, tuh film juga bakal diputar di bioskop seluruh Indonesia. So, akting elo bakal diliat oleh jutaan pasang mata, tentunya. Keren kan? Jelas, itu bisa jadi langkah pertama lo buat jadi orang terkenal dong.
Intinya, Nissin sedang membutuhkan sepasang cewek dan cowok buat diajak ikut main di film Bulan Terbelah di Langit Amerika. Caranya simpel kok! Tonton dulu video ini buat penjelasan sederhananya:
Udah paham? Belum? Oke, gue jelasin caranya. Elo cuma perlu bikin video yang temanya “Ekspresikan Mendadak Eksis Versi-mu”. Durasi videonya 15-30 detik doang kok. Terus, di dalam video itu elo harus menggunakan produk Nissin Biskuit Kelapa Ijo (280gr) dan Nissin Wafers (135gr). Isi videonya bebas kok, yang penting sesuai minat elo aja. Misal nyanyi, main musik, akting peran, pantomim, stand up comedy, bebas, yang penting memenuhi syarat yang ditentukan panitia. Kalo masih ragu, silakan simak video contoh dari Nissin ini:
Terus kalo videonya udah lo bikin, tinggal upload deh video lo itu ke Youtube. Jangan lupa untuk menuliskan “Nissin Mendadak Eksis” di judul video lo, dengan format: (Nissin Mendadak Eksis) NAMA LO – Judul Video Lo.
Setelah lo upload videonya, lo harus melakukan registrasi data diri dan mengirimkan link videonya ke www.mendadakeksis.com. Setelah itu, share deh video lo ke semua akun media sosial yang lo punya, biar makin banyak yang nonton video lo. Gampang kan? Kontes ini berjalan dari tanggal 1 Februari hingga tanggal 31 Maret 2015. Masih ada waktu nih! Buruan gabung, dan wujudkan mimpi lo buat jadi orang terkenal.
Yap.. Itu aja dulu yang bisa gue bagi di postingan ini. Sampai jumpa di postingan-postingan seru lainnya. Gue juga nungguin apa aja cara menjadi terkenal versi lo, di kolom komentar ya! Ciao!