Memanfaatkan Secara maksimal Social Media.

August 24, 2016 § Leave a comment

Bismillah.

Sekarang ini gue lagi di tugasin untuk jadi social media planner, marketing, dan creative content. Eak keren banget. Padahal mah jadi kacung yang ngurusin sosmed, gitu weh wkwk. Becanda. Tapi ini seru banget! Karena gue emang suka banget sama socmed walaupun pasti ada hal positif dan negatifnya. Dan mari yuk belajar dengan ber-socmed ala dagelan.

Kenapa dagelan?

Ya menurut gue sih, dagelan punya followers yang sangat banyak di indonesia. Walaupun ga selalu followers jadi tolak ukur kesuksesan di socmed.

Dagelan berbagi rahasia sukses di media sosial

Tidak dipungkiri lagi bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang sangat gemar menggunakan media sosial. Di akhir tahun 2014 kemarin, jumlah pengguna layanan media sosial Facebook di Indonesia mencapai lebih dari angka 70 juta dan Twitter mencapai lebih dari 20 juta pengguna. Melihat tren ini, tentunya akan sangat penting bagi Anda untuk memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai sebuah sarana marketing atau brand awareness untuk startup yang Anda miliki.

Untuk berbagi wawasan tentang bagaimana startup Anda bisa memaksimalkan layanan media sosial ini, Danny Syah, Chief Marketing INFIA dan Dagelan menjelaskan beberapa tips agar startup yang Anda miliki bisa mempunyai sebuah akun media sosial yang aktif dan tentunya akan membuat traksi startup yang Anda miliki semakin bagus. Dagelan sendiri merupakan sebuah akun Instagram yang populer di tanah air. Dengan jumlah follower mencapai angka 2,8 juta, Dagelan mengukuhkan diri sebagai salah satu akun Instagram yang paling banyak di-follow di Indonesia.


Tips sukses di media sosial untuk memperbanyak jumlah follower

Follower yang banyak sering diasosiasikan dengan kesuksesan sebuah akun media sosial. Hal ini memang tidak sepenuhnya benar karena ada kemungkinan beberapa follower merupakan akun fiktif. Namun, angka tersebut bisa menjadi acuan awal sebelum akhirnya orang melihat apa yang ditawarkan oleh akun media sosial yang Anda miliki. Untuk memperbanyak jumlahfollower, Danny menjelaskan beberapa tips seperti:

Gunakan pemberitaan dari mulut ke mulut

Untuk memiliki follower banyak, hal yang paling efektif adalah ketika banyak orang yang membicarakan kehadiran akun Anda (word of mouth), cara sederhananya adalah dengan melakukan share konten atau info di jaringan terdekat yang Anda miliki terlebih dahulu. Jika konten menarik, tak menutup kemungkinan konten tersebut akan di-share ulang di jaringan masing-masing teman Anda.

Penentuan konten

Konten adalah jantung dari media sosial. Dengan konten yang tepat, maka peluang mendapatkan follower yang banyak akan semakin tinggi. Sebelum membuat sebuah konten, Danny menyarankan Anda menentukan tujuan si konten itu sendiri:

1. Shareable Content

Jenis konten ini memancing pembaca untuk melakukan share pada jaringan yang mereka miliki. Konten ini pula yang akan mempercepat pertumbuhan akun media sosial yang Anda miliki.

2. Tag Your Friend Content

Tag Your Friend Content adalah konten yang memancing orang lain untuk tag atau mentiontemannya tentang isi konten tersebut. Hal ini akan efektif jika orang yang di-tag atau di-mention adalah orang yang belum tahu keberadaan akun media sosial Anda. Dengan demikian, ketika mendapatkan tag atau mention tersebut, besar kemungkinan sang pengguna akan mem-follow akun Anda.

3. Daily Content

Penentuan konten harian juga harus diperhatikan, sebisa mungkin jangan selalu menampilkan post tentang satu tema. Sebagai contoh kasus, Danny menyebutkan bahwa Dagelan sebagian besar menampilkan post konten-konten lucu. Tapi untuk menyiasati kebosanan, Dagelan menyisipkan konten-konten lain seperti tips, berita, kuliner, dan lain-lain.

Aspek pendukung lainnya

Selain faktor konten dan brand awareness, Danny juga menegaskan pentingnya faktor pendukung lain yang sifatnya tidak menentu, dan faktor-faktor kecil yang mungkin Anda lewatkan karena merasa tidak penting.

1. Momentum

Ketika ada muncul tren baru, seperti tren Bekasi dan Ada Apa Dengan Cinta beberapa waktu lalu, ikuti momentum tersebut dengan menampilkan konten yang relevan.

2. Jumlah post

Tentukan jumlah minimal post anda per hari, misalnya 20 post per hari. Menurut Danny, ketika Dagelan melakukan uji coba, jumlah post juga menentukan pertumbuhan follower per harinya.

3. Konsistensi

Ketika Anda sudah menentukan jumlah minimal post per harinya, Anda harus konsisten terhadap angka tersebut karena akan muncul ekspektasi dari para follower untuk mendapatkan konten baru.

4. Interaksi

Interaksi dengan follower juga penting untuk meraih engagement. Anda bisa memakai cara seperti mengajak orang-orang untuk mengikuti tantangan dari Anda atau lain sebagainya. Di Dagelan & Infia sendiri, mereka berusaha melakukan komunikasi tiga arah: bagaimana perusahaan bisa berkomunikasi dengan follower, follower dengan perusahaan, dan bagaimana caranya follower bisa berinteraksi dengan follower yang lain.

Anda harus meluangkan waktu untuk membalas komentar dari follower, karena follower akan merasa bangga dan lebih bersimpati jika komentarnya dibalas oleh suatu akun perusahaan. Hal ini juga menciptakan efek “memanusiakan” akun media sosial Anda.

5. Kreativitas

Terus mengeluarkan konten atau terobosan baru yang kreatif sehingga follower tidak akan bosan berkomunikasi dengan akun Anda di sosial media.


Baik itu sebuah startup yang ingin memiliki akun media sosial dengan tingkat user engagement tinggi, ataupun individu yang ingin mempunyai akun media sosial terkenal dan ingin diikuti oleh banyak follower, tips ini akan sangat berguna bagi Anda. Atau mungkin Anda mempunyai saran tambahan? Sampaikan pada kolom komentar di bagian bawah.

Sumber : https://id.techinasia.com/dagelan-berbagi-tips-mendapat-banyak-follower-media-sosial

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Memanfaatkan Secara maksimal Social Media. at eibidifaiq.

meta

%d bloggers like this: