Ciptagelar oh Ciptagelar.

February 23, 2018 § Leave a comment

Bismillah.

Holla! Lama tak jumpa. Setahun ga nulis di blog! Haduhhh. Tak usah banyak alasan. Aku ini memang pemalas! Karena, ya malas aja nulis di blog ini. Tapi ko masih banyak yang baca ya. Terbukti udah ada 23.000an orang yang baca-baca blog ini. Gila! Marilah rajin menulis. Siapa tau siapa tau. Halah. Ehiya, beberapa tulisan ter-update ku, ada di instagram.

Ha! Maaf ya. Khusus untuk tulisan ini penggunaan kata “aku”. Biasanya tulisan-tulisan yang ada di blog ini dengan kata “gue”. Khusus hari ini.

Dimulai dari….

Aku punya keluarga baru, yang sepertinya panjang sekali kalo di tuliskan di sini. Secara garis besar, keluarga ini tidak memiliki ikatan darah. Tapi dengan perjalanannya waktu, dengan proses yang cukup sulit menjadi bagian di dalamnya. Dengan harus menderita bersama, aku sangat mencintai keluarga ini. Karena ternyata penderitaan bisa jadi perekat di lain hari. Suatu yang buruk bisa menjadi hal baik! Ouyeah. Dengan segala kekacauan, kebaikan, dan segala hal di dalamnya. Bisa jadi aku bangga menjadi bagian dari mapala indonesia. Fuck you soe hok gie! But, kita saudara kan ya?

25 desember. Masih aja di kampus. Dengan segala hal yang selalu seru di kerjakan. Jakarta ada semua! Daripada di rumah, bogor? Ngerepotin ibu aja bisanya. Sholat, ngaji, makan, bangun, sholat, berak, makan lagi, abis itu tidur lagi. Seperti biasa ditinggalin anak-anak belakang lagi. Tapi satu persatu muncul lagi ko. Karena kampus adalah tempat bersenang-senang. Laboratorium sebenarnya ya di belakang. Di kelas tipsen aja! Ahahaha becanda. Yang penting bisa UAS ya ga sih? dan ga nge cheat. Ahay. Tapi aku harus lulus 8 semester! Gimanapun caranya. Tapi kalo nambah,,, maafin aku ya pak bu..

Anjelino asso pergi natalan. Tebe pergi ke mekkah umroh. Yaudah lah aku pergi ke rumah mbah dulu aja. Silaturahim biasanya membawa berkah. Di mobil padahal udah banyak perbekalan. Tapi lagi-lagi tinggal sendirian. Ya! mencari teman/partner adalah cara terbaik untuk terus jalan-jalan.

20.00 WIB udah sampe rumah mbah. Serdang, kemayoran jakarta pusat. Keadaan badan saat itu udah cape banget. Karena kalo lagi di luar rumah, even itu di kampus, atau dimanapun. Tidur berantakan. Bisa 3 hari melek. 1 hari di pake buat tidur. Kacau! Harus tidur pokonya harus tidur. Istirahat.

Berhasil istirahat. Lumayan dari jam 20.00-23.00. Di kamar yang super pewe. Kamar sepupu, kamarnya mas rizal dan mas dimas. Kalo kalian mau bajak kamarnya juga boleh. Enak looh. Ada ps 4, wifi super kenceng. Dan makanan yang ena ena. Akakakkakaka. Banyak diskusi yang dilakukan saat itu. Pakde, yang juga mencintai olahraga extreeme memberikan cukup banyak wejangan. Untuk detail dalam proses melakukan suatu perjalanan jauh. Selalu berfikir yang terburuk. Dan membuat plan b. Safety first!

26 desember pukul 01.00 WIB. Mas rizal ikut! Yuhuuu. Berhasil untuk mencari teman dan ada sponsor tambahan. Yakali cuman duaan? Yaudah aja kuajak arsyan untuk ikut. Langsung tancap gas menuju bekasi. Arsyan’s crib. Yang kusuka dari mapala adalah yang ayo terus. Jam 03.00 WIB sampe bekasi, rumah arsyan. Izin kedua orang tuanya. Langsung tancap gas ciptagelar.

Salah jalan dong. Malah muter lewat Masjid At-Taa’wun. Para si ini siapa yang mabok ciu? HAHA. Padahal yang baru dari bar mas rizal. Aku sama arsyan di rumah aja, karena kita anak mama. Tapi gapapalah disitu keseruan dari sebuah perjalanan. Nyasar! Yiha. Tapi kita sholat shubuh berjamaah ko. Suer.

Sebat, sebat, ngopi, ngopi. Biar melek! Ngejar yang di ciptagelar. Gila. Ternyata mereka (yang punya acara) sudah pulang dari hari minggu 26 desember. Kacau. Hancur sudah. Setelah itu mobil-ku di bajak. Oleh arsyan dan mas rizal. Mereka super duper kesal, karena manajemen perjalanan ku yang seperti tak ada tujuan. Karena memang inisiasi perjalanan ini adalah inisiasi ku. Ya setelah selip selip  ban di jalur. Gagal semua. Tapi tak apalah aku jadi kenal kades desa sirna jaya. Sosped prioritas!

 

Yaaa. Harta, tahta, kamu. Ciptagelar oh ciptagelar.

 

 

 

 

 

 

 

Catatan kaki :

Dokumentasinya dsiniiii

 

 

 

 

Advertisements

Sembunyikan Amalanmu!

August 19, 2016 § Leave a comment

Bismillah.

Yak hari ini as usual gue ngisi mentoring. Bahasa kerennya liqo. Nah, gue kadang jiper abis waktu mau berangkat. Karena terngiang-ngiang di kepala gue tentang konsep.

“Kaburo maktan indallahi antaquluu maalaa taf ‘aluun”

Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.
(QS As-Shaf : 3)

Kalo bahasa guenya yang mucul di dalam hati. “bacot doang nih lu. Masih sering maksiat ge, berani-beraninya ceramah macem ustadz. Inget coy orang munafik itu masuk neraka!”

Waduh.

Bisa aja sih gue sepik sakit, ada agenda, atau tiba-tiba ngilang terus ga dateng ngisi. Tapi karena ini amanah ya, dan yang ngasih amanahpun percaya sama gue kalo gue bisa. Masa gue cupu dan ga ambil tantangan ini terus malah menghindar. Ga gue banget.

Jadi gue selalu ngingetin ke anak-anak liqoan gue. Kalo gue cuma menyampaikan apa yang Al-qur’an bilang. Apa yang hadits shahih bilang. Jadi jangan liat siapa yang ngomong. Even yang ngomong orang tatoan sekalipun. Kalo kata Al-qur’an itu, yaudah sami’na waato’na. Jangan liat orangnya. Gitu.

Tapi, gue juga berusaha sekuat mampus lah gila untuk ngejalanin apa yang gue omongin. Wah berat bener dah.

Oke intronya kepanjangan. Haha. Jadi materi yang gue kasih hari ini. Tentang menyembunyikan amal. Biar gak masuk ke dalam kategori riya kali ya maksudnya. Tadi seru abis sih kita diskusinya. Kita sharing-sharingnya. Ohiya, satu lagi. FYI gue kalo diskusi selalu berusaha untuk mereka berpendapat dulu, mereka kasih statemen dulu baru gue. Soalnya gue pengen kita kaya seumuran/sederajat aja. Walaupun ya emang gue lebih tua 5tahun dan diposisikan untuk jadi murrobi, macem gurunya lah.

Oke materinya ini :

https://rumaysho.com/656-tanda-ikhlas-berusaha-menyembunyikan-amalan.html

Panjang banget men kalo gue copy kesini. Dibaca sampe abis ya! Jangan cuma scroll-scroll kebawah aje.  Jadi ya intinya jangan riya lah ya. Dan selalu niatkan tulus untuk ridho Allah, dan kebaikan umat manusia juga kemudian masih banyak lagi.

Dan juga gue sering di kritik. Eh ga sering sih. Ada lah yang nge kritik. Gue sangat berterima kasih. Kalo misalnya tulisan-tulisan gue yang ada di blog ini, masih belom lurus secara keislamannya. Masih liberal dan sekuler lah kali ya maksudnya. Oke, dari situ gue belajar untuk lebih berhati-hati, lebih cerdas lagi dalam menulis. Yang ujungnya semoga tujuan dari tulisan-tulisan gue nyampe. Sesuai prinsip dan kebenaran yang gue pegang.

Tapi gapapa sih kalo ada yang mengira tulisan-tulisan di dalam blog ini belum lurus secara keislaman dan kesannya liberal. Karena emang tulisan-tulisan dalam blog ini tujuannya untuk masuk ke temen-temen yang gaul, gokil, ammah etc. Dan paham kalo islam liberal, sekuler itu serem coy! Jadi gadapet kesan sholeh dari temen-temen yang kayanya sholeh ya gapapa. Haha. Berarti gue berhasil untuk dapet kesan liar dan nakal. Padahal tujuannya bukan itu. Ohiya semua sosmed gue isinya sama kaya di blog. Otomatis kesannya sama dengan di blog.

But Thanks! Gue akan terus belajar. Dan semoga nyampe ketujuan. Yang gue udah buat.

Stay wild! Tapi tetep santun….

(Dr. Gamal albinsaid)

#FansGarisKeras

August 16, 2016 § Leave a comment

Bismillah.

Yow. Wazzup. Eak.

Yak selain gue pemales tingkat ngaco. Gue mencoba memaksakan diri kembali untuk melakukan yang kayanya produktif dan bermanfaat. Yakni berlatih menulis lebih rajin lagi. Yoh. Ngeblog ayolah go-blog lagiiiihhhh. Mangatse. Kemudian tidur kembali. Karena kemalasan akut menyerang. Halah.

Ingin #isengseriussenang menulis tentang hastag #fansgariskeras. Kenapa? Soalnya buanyak banget hal yang menurut gue sangat keren sekalih di dunia ini. Yang sangat menginspirasi. Sangat berpahala sekali. Sangat mengesankan sekali. Sangat-sangat gokil sekali. Sangat-sangat bikin nangis (karena gua anaknya melankolis). Sangat-sangat ajiiieb. Dan sehingga gue terkesima. Dan sangat-sangat ingin mengapresiasi hal-hal tersebut. Mungkin dengan adanya topik tulisan di blog ini tentang #fansgariskeras. Gue bisa bener-bener mengapresiasi kekerenan itu semua. Walaupun mungkin tulisan di blog ini ada yang bilang sampah. Huahahaha. Tapi karena gue anaknya sans. Gue akan tetap nyampah di blog ini. Becanda, tetap dan terus menulis maksudnye. Walaupun sampah wkwkwkw. Hehe. Karena skill nulis gue masih sangat acakadut makanya latihan di blog ini.

Sebenernya, wajib banget yak kita nge-#fansgariskeras sama rasul kita. Muhammad saw. Tapi pasti gabakal muat di blog ini. Dan masih banyak tulisan-tulisan keren tentang baginda Muhammad saw. Jadi gue kayanya masih belom mampu untuk menuliskannya. Dan gue sangat nge fans abis sama beliau. Karena nge fans aja kita bisa dapet pahala coooy. Gile kan yak. Di akhirat dapet syafaat, pertolongan dan hal-hal keren lainnya. Jadi wajib sih nge fans sama beliau, ikutin gayanya, ikutin cara-cara beliau. Sampe ke hal yang sepele macem makan dengan tangan kanan dan cara ceboknya abis boker. Beuh gabisa dah kekerenannya menurut gue di tafsirkannya dengan kata-kata. Yaiyalah doi orang yang berpengaruh di dunia saat ini!

Tadinya gue mau nulisin tentang gue yang nge-fans abis sama. Emak, Bokap, Tulus, Endank soekamti, kang indra, the 1975. teza sumendra, erdogan, chandraliow, yusuf mansyur, William singe, erix soekamti. Ebuset banyak amat yak? wkwkw. Yaudah lah yak akhirnya karena gue pusing. Gue putusin deh untuk yang gue bahas satu aja! Daaaaan… Yang mau bahas adalah naam acapella.

Nah, kenapa naam acapella karena group vocal band ini udah berdiri sejak tahun 2003 coy! Gils sudah indie sejak tahun segitu waktu gue masih sd kelas 2. Gue selalu salut sama band-band atau bentuk musisi yang lainnya yang indie. Yang berdiri di atas kaki sendiri. Dan merdeka dalam berkarya. Ga salah sih masuk label. Tetep keren juga. Macem isyana sarasvati, sheila on 7 dan lainnya.

Tapi… Indie keren menurut gue ya karena semua aktivitas dalam industri musik di urusin sendiri. Dari mulai marketing, rekaman, persiapan performance. Dan masih banyak aktivitas lainnya diurusin sendiri. Kenapa yang ngebuat gue selalu liat kekerenan di dalam band/bentuk lainnya musisi indie. Ya soalnya kalo di label. Si artis ga mikirin tuh hal hal kecil macem itu. Doi fokus aja di performance dan nyanyinya mungkin. Karena di label biasanya udah ada tim solidnya yang profesional. Gitu.

Tapi ya, naam acapella ini keren menurut gue lagi karena konsistensinya bemusik yang luar biasa. Karena susah meeen ngejaga keisitiqomahan (bahasa kerennya konsisten) selama  rentang waktu segitu buat bermusik, berkarya dan seneng-seneng lainnya. Terus salutnya lagi konsisten juga membawakan lagu-lagu positif. Yang sesuai sama prinsip. Gokil. Juga, personil-personilnya humble pisan. Bayangin aje, waktu gue SMA gapunya tim nasyid. Gue di ajakin men jadi additional ngisi bagian beatbox/drum di acapella gils. Padahal masih banyak yang lebih keren dan ajib lah. Tapi gue yang di ajakin, anak sma yang masih ingusan ga mumpuni skillnya. Edan.

Walaupun begitu keren, naam acapella tapi masih ada juga kekurangannya. Karena kekurangan itulah yang membuat terus belajar dan bikin nambah keren kedepannya. Yoi ga?

 

 

 

Konsisten!

March 31, 2016 § Leave a comment

Ya Allah.. Kenapa konsisten itu susah sekali???

Ya Allah.. Kenapa berbuat kebaikan banyak sekali cobaannya??

Ya Allah.. Kenapa kebenaran itu sakit sekali ketika di perjuangkan??

Ya Allah.. Kenapa mager itu mudah sekali muncul??

Ya Allah.. Kenapa bosan cepat sekali datang??

Ya Allah.. Kenapa putus asa itu sering sekali kembali??

Ya Allah.. Kuatkanlah Kami untuk tidak mudah mengeluh. Tidak mudah putus asa. Dan jauhkanlah kami dari jalan yang engkau murkai. Karena istirahat yang sebenarnya bukan selimut di malam hari. Tapi surga-Nya lah sebenar-benarnya istirahat!

Keep istiqomah guys! Lillah Billah Fillah 🙂

 

 

Dauroh Dkm Smanda Seru!

March 26, 2016 § Leave a comment

Bismillah.

Jadi hari ini gue ikut acaranya anak-anak dkm smanda yang seru banget. Parah sih rada nyesel juga kenapa ga dateng ke acaranya dari hari sebelumnya. Aduh. Tapi yaudahlah, gaboleh nyesel. Karena gaada gunanya juga. Jadiin pembelajaran aje ye ga. Untuk lebih matengin apa hal yang harus di prioritasin. Untuk menghindari perasaan-perasaan “menyesal”. Tapi kayanya gue gaakan membiarkan perasaan menyesal itu ada. Karena gue udah berjanji. Untuk tidak akan menyesal dalam hidup haha. Gile ye. Semoga positip.

Yak hari ini dateng ke acara dauroh anak-anak dkm smanda. Lokasinya gokil sih parah keren abis. Tadinya sempet nyasar-nyasar gitu. Soalnya apa yang di share foto ga sesuai sama ekspetasi. Jalan sepanjang menuju tkp ga banget menurut gue. Foto yang di share tuh oke punya.

AlgWaBkHhUPPjWWQ0bthPYfws51iJw_7VjrL0PXdVtod (1)

AlTS0klM-ZkcqdJgL2CGZhIfHbj8YZtEMHB4gpunvqSZ

AswG7sUNrzrtO8Brqk4AE4R10FAsjZa8ussgTIci-99o

Mantep kan? mangkanya gue rada ga percaya sama perjalanan otw-nya. Soalnya kaya desa-desa gitu. Yang jadinya gue muter-muter nyari. Tapi setelah meyakinkan diri untuk sami’na waato’na aje sama alamat google map yang udah dikasih sama kang rimbo, akhirnya nyampe deh. Nama tempatnya kampung joglo!

Yang buat seru banget sih menurut gue di acara ini. Ya tempatnya yang asri abis, cozy terus classy tapi fancy (apadeh iq). Dan yang paling utama itu anak-anaknya yang super duper seru, aktif, gokil, gaul, dan yang paling penting sholeh-sholeh banget. Kenapa gue bisa nilai begitu? Ya karena keliatan pas gue di amanahin untuk mandu mereka main game yang mirip-mirip sama kaya outbound. Wah parah deh. Semangat mereka.

Tapi itu untuk ikhwan. Akhwatnya gue gatau, soalnya kan kita dipisah gitu. Tapi kayanya akhwat sama gokilnya deh. Kerasa ko. Soalnya gue bisa merasakan (?).

Dan yang paling penting gimana caranya buat bantu ngejaga konsistensi semangat mereka ini nantinya? Potensi banget nih buat kegiatan dkm/rohis kedepannya. Wah pr mayan berat nih. Semangat wasilas!

f378e1cb-e384-4ecd-85b3-6e5f02cce3ef

Bingung.

November 11, 2015 § Leave a comment

Bismillah.

Hai. Sudah lama ya ga nulis di blog ini huahahahahaha. Sans yakk. Kan masih banyak tulisan yang keren di internet! Hahahaha! Yak jadi gue punya keunikan yang luar biasa tentang pikiran gue sendiri. Entahlah ini hanya gue yang ngalamin atau banyak orang mengalaminya. Uhuy. Tapi gue yakin semua orang mengalaminya. Bedanya ada yang over dan ada yang sans ga keliatan gitu ketika mengalami hal ini. Hal itu adalah.

Bingung.

Yak kebingungan yang luar biasa atas suatu hal. Yang gue alamin sih bingung nentuin prioritas, bingung sama diri sendiri, bingung kenapa sering berubah-ubah keinginan gue, bingung mau nentntuin punya pacar atau enggak. Dll. Loh ko jadi banyak banget? Wakakakakaka. Ahahaha ya yang gue mau angkat sih bingung nentuin prioritas yak. Kadang gue yakin banget gitu sama suatu hal. Contohnya kaya gue yakin nih sama jalan yang gue pilih untuk 6bulan-1tahun kedepan. Bakalan sukses, lancar etc. Dan blashhhhH!! Baru jalan 2 bulan udah berubah lagi wadoh. Padahal setelah gue cek dalam realitas gaada yang salah. Dan yang salah cuman di pikiran doang!!!! Macem pesimis, ga yakin, gue gabisa apa-apa. Dan itu fatal banget kayanya. Wadoh.

Yak bingung lah. Semoga jalan yang selalu gue pilih Allah ridhoi 🙂 sans lah sama hasil apapun. Yang penting nothing to loose. Bruh. Kuatkan!!

Buat Buku!!

April 23, 2015 § 2 Comments

Bismillah.

Sbmptn or tes tulis masuk universitas udah deket banget sob! Siap kan amunisi terbaiknya yak, buat yang senasib sama gue ahaha. Gue udah mulai jarang nulis, padahal pengen banget semua hal yang menurut gue menarik gue tulis. Sedih euy haha. Kenapa? Ya karena gue ngulang setahun ga kuliah buat belajar dan berjuang untuk tes tulis nanti. Bukan untuk yang lainnya, harus focus. Gaya sih, tapi serius dah gue udah banyak mengurangi waktu selain buat belajar. Gue vakum selama 50harian lagi lah untuk ga bemusik sama nasyid naam dan juga gabisa seneng-seneng dulu sama temen-temen wasilas di bbq atau acara yang lainnya. Huhu 😦

Tapi gapapalah semoga perjuangan ini kebayar sama dapetnya gue di ptn yang diinginkan! Aamiin. Ohiya gue juga rencana mau buat buku perdana gue. Tentang apa sih yang gue dapetin selama setahun ga kuliah dan kembali berjuang di sbmptn. Ngahaha ini covernya!

24

Bah gans yak? Ato judulnya “zenius change my life” biar di marketingin zenius wkwkw. Kan PT Zenius udah gede banget di indonesia. Ya yang penting lolos dulu lah. Semoga ini bisa jadi penyemangat belajar!

Where Am I?

You are currently browsing the Curhat category at eibidifaiq.