Sembunyikan Amalanmu!

August 19, 2016 § Leave a comment

Bismillah.

Yak hari ini as usual gue ngisi mentoring. Bahasa kerennya liqo. Nah, gue kadang jiper abis waktu mau berangkat. Karena terngiang-ngiang di kepala gue tentang konsep.

“Kaburo maktan indallahi antaquluu maalaa taf ‘aluun”

Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.
(QS As-Shaf : 3)

Kalo bahasa guenya yang mucul di dalam hati. “bacot doang nih lu. Masih sering maksiat ge, berani-beraninya ceramah macem ustadz. Inget coy orang munafik itu masuk neraka!”

Waduh.

Bisa aja sih gue sepik sakit, ada agenda, atau tiba-tiba ngilang terus ga dateng ngisi. Tapi karena ini amanah ya, dan yang ngasih amanahpun percaya sama gue kalo gue bisa. Masa gue cupu dan ga ambil tantangan ini terus malah menghindar. Ga gue banget.

Jadi gue selalu ngingetin ke anak-anak liqoan gue. Kalo gue cuma menyampaikan apa yang Al-qur’an bilang. Apa yang hadits shahih bilang. Jadi jangan liat siapa yang ngomong. Even yang ngomong orang tatoan sekalipun. Kalo kata Al-qur’an itu, yaudah sami’na waato’na. Jangan liat orangnya. Gitu.

Tapi, gue juga berusaha sekuat mampus lah gila untuk ngejalanin apa yang gue omongin. Wah berat bener dah.

Oke intronya kepanjangan. Haha. Jadi materi yang gue kasih hari ini. Tentang menyembunyikan amal. Biar gak masuk ke dalam kategori riya kali ya maksudnya. Tadi seru abis sih kita diskusinya. Kita sharing-sharingnya. Ohiya, satu lagi. FYI gue kalo diskusi selalu berusaha untuk mereka berpendapat dulu, mereka kasih statemen dulu baru gue. Soalnya gue pengen kita kaya seumuran/sederajat aja. Walaupun ya emang gue lebih tua 5tahun dan diposisikan untuk jadi murrobi, macem gurunya lah.

Oke materinya ini :

https://rumaysho.com/656-tanda-ikhlas-berusaha-menyembunyikan-amalan.html

Panjang banget men kalo gue copy kesini. Dibaca sampe abis ya! Jangan cuma scroll-scroll kebawah aje.  Jadi ya intinya jangan riya lah ya. Dan selalu niatkan tulus untuk ridho Allah, dan kebaikan umat manusia juga kemudian masih banyak lagi.

Dan juga gue sering di kritik. Eh ga sering sih. Ada lah yang nge kritik. Gue sangat berterima kasih. Kalo misalnya tulisan-tulisan gue yang ada di blog ini, masih belom lurus secara keislamannya. Masih liberal dan sekuler lah kali ya maksudnya. Oke, dari situ gue belajar untuk lebih berhati-hati, lebih cerdas lagi dalam menulis. Yang ujungnya semoga tujuan dari tulisan-tulisan gue nyampe. Sesuai prinsip dan kebenaran yang gue pegang.

Tapi gapapa sih kalo ada yang mengira tulisan-tulisan di dalam blog ini belum lurus secara keislaman dan kesannya liberal. Karena emang tulisan-tulisan dalam blog ini tujuannya untuk masuk ke temen-temen yang gaul, gokil, ammah etc. Dan paham kalo islam liberal, sekuler itu serem coy! Jadi gadapet kesan sholeh dari temen-temen yang kayanya sholeh ya gapapa. Haha. Berarti gue berhasil untuk dapet kesan liar dan nakal. Padahal tujuannya bukan itu. Ohiya semua sosmed gue isinya sama kaya di blog. Otomatis kesannya sama dengan di blog.

But Thanks! Gue akan terus belajar. Dan semoga nyampe ketujuan. Yang gue udah buat.

Stay wild! Tapi tetep santun….

(Dr. Gamal albinsaid)

Advertisements

Ikut Rohis Itu Keren!

March 29, 2015 § 2 Comments

Bismillah.

Blog gue emang tempat gue buat nyampah. Pemikiran-pemikiran menarik yang melayang dalam benak gue, akan gue tulis. Daripada cuma jadi ide dan menghilang begitu saja dalam ruang hampa. Jadi terimakasih untuk para pembaca setia yang suka ngebaca tulisan-tulisan sampah disini! (udah ada 3700orang yang kurang kerjaan berkunjung ke blog ini) Hatur nuhun.

Gue alumni rohis. Dulu pernah jadi wakil ketua, terus lanjut jadi ketua rohis. Sekarang alhamdulillah masih bisa digerakkan untuk bantu-bantu wasilas. Bersyukur banget dah. Alasan gue masuk rohis konyol banget. Tapi dari ke konyolan itu jadi hal yang paling berharga dalam hidup gue. Jadi jangan suka meremehkan hal-hal konyol yakk!

Alasannya dulu gue takut! Ya gue takut. Karena di smp gue di doktrin mulu sama guru-guru di smp gue. Kalo pergaulan di sekolah negri itu warbiasa. Jadi ya gue nyari aman, ikut rohis biar bisa punya temen sholeh-sholeh.  Tapi ternyata ga gitu juga ahahaha. Kao pergaulan bebas emang udah biasa kali yak di indonesia. Jadi gausah harus ditakutin.

Bener ini mah gaboong, gue dulu smp cabut sanlat. Pas di SMA jadi ketua panitia sanlat -___-. Kalo reunian sama temen sd pada gapercaya gue yang suka ngurusin masjid pas SMA. Buset sebejat itukah gue? Wailah wkwkw.

Tapi benar dah. Gue bilangin ke semua pelajar muslim di indonesia kalo masuk rohis tuh penting!!! Surga tuh ada men, masa masih pada berani sih sama api neraka! Udah putusin aja tuh pacar  lu semua. Oke maap ganyambung wkwkw.

Karena di rohis gue dapet banyak hal yang menurut gue sangat berharga. Tentang cinta, solidaritas, dan ujung-ujungnya emang harus lillah.

Gaya banget sih lillah, lillah! Sok suci lu.

Wakaka bodo amat! Sumpah ya gue pernah ketemu orang-orang pemikiran macem gini. Contohnya pas gue berusaha untuk ga mencontek saat ulangan. Di bilang sok suci aelah. Emang Allah galiat kalo lu curang. Gapenting men hasil. Kalo Allah ga ridho. Ga guna.

Terus gue dapet tittle hasil pencitraan gue di rohis. Wkwkw oke becanda. Anak rohis entah kenapa dapet kharisma yang positif di lingkungannya. Entah di anggep beneran sholeh lah, anak baik banget lah, dll. Sumpah ya kocak. Kita teh di rohis masih belajar untuk jadi baik bukan isinya semua anak baik. Nah fakta ini juga yang bikin anak-anak yang menjudge dirinya tidak sholeh/bejat enggan masuk rohis. Padahal mah sanss lah coy.

Gue juga masih bisa nongkrong sama temen gue yang bukan rohis. Pokonya jangan mengekslusifkan diri lah ya. Yang penting jangan mau terwarnai!

Besok daftar rohis yee 😀

33784

BBQ.

February 21, 2015 § Leave a comment

Bismillah.

Akhirnya bbq diadakan lagi. Bisa ketemu adik kelas emmesh deh, alhamdulillah. Wakakakak canda. Ya keep istiqomah bradeer 🙂

11111111111

Wasilas 2015

January 25, 2015 § Leave a comment

Bismillah.

Gue kaget banget pas dapet info kaya begini. aa

Uedan gue masih ancur gini, bejad gajelas. Belom istiqomah di dalam amalan islam. Ibadah yang kadang masih males-malesan. Udah di amanahin untuk dijadiin calon ketua wasilas. Aduh. Wasilas tuh apaan sih? wasilas tuh ini. Baca sendiri.

Gue suka banget politik. Entah itu yang jelek-jeleknya sampe yang baik-baiknya. Politik itu emang kejam banget kayanya. Gaada musuh abadi maupun teman abadi. Gatau lah itu gue buat teori-teorian sendiri aja hehe. Gue masih cupu tentang kaya begituan. Nah di islam ternyata politiknya canggih. Memilih seorang pemimpin itu ditunjuk bukan keinginan sendiri. melainkan musyawarah mencari yang terbaik. Kekuasaan tuh bukan segalanya, kekuasaan hanya alat untuk nilai-nilai islam ditegakan. Halah berat banget dah.

Nah begitu juga di wasilas. Pemilihan ketuanya bukan gue yang minta mencalonkan untuk menjadi ketua. Tapi dipilih oleh murrabi kepantasannya. Ya anggota yang lebih senior lah istilahnya yang milihin. Dan kita yang terpilih gamau untuk megang amanah/ gamau loh untuk jadi ketua. Karena tau amanah tuh pertanggung jawabannya berat. Harus bener-bener serius untuk menjalankannya. Soalnya sebagai seorang muslim kita wajib percaya ada hari penghitungan amal. Seorang pemimpin yang tidak amanah akan mendapatkan dosa yang besar! Seorang pemimpin di hisabnya juga lebih lama. Duh takut. Pak jokowi gimana ya? Eh.

Tapi kalo pemimpinnya baik, dan benar dalam menjalankan amanah pahalanya juga gede ko. Ladang amalnya juga lebih hebat luar biasa luasnya. Sesuai lah. Nah kemarin tuh kan pemilihan ketua wasilas untuk periode 2015/2016. Calonnya ada 3. Yang pertama kang donny mantan ketua bem unpad 2014. Kedua kang rimbo arsitek keren yang udah punya karya di tempat kerjanya. Yang ketiga gue, seorang pengangguran yang kuliah aja belom. Setdaah keren-keren bener ya. Gue kan baru lulus ya. Jadi anggota wasilas aja belom pernah. Udah dicalonin jadi ketua terus disuruh buat visi misi gitu. Yaudah aja gue buat sejujur-jujurnya hehe. haha

Jiper juga men lawannya mantan ketua bem wakaka. Tapi bersyukur sih feeling gue bakalan kang dony yang jadi ketuanya. Kang rimbo gadateng soalnya pas pemilihan karena beliau sakit. Syafakallah kang :). Dan akhirnya beneran kang dony deh yang jadi ketuanya huahahahaha alhamdulillah.

Gue semangat banget sumpah buat kepengurusan wasilas tahun 2015 ini. Pengen langsung kerja kerja kerja. Eaaaaa jokowi abis. Dan semoga semangatnya istiqomah ga di awal aja. Yang mudah-mudahan semua anggota wasilas yang baru juga pada semangat. Dan aktivitas dakwah sekolah di smanda jadi lebih baik deh. Siapa tau keridhoan Allah turun lewat dakwah di wasilas ini. Terus kita masuk surga deh 🙂 haha amiin. Yo semangat brooo wasilas 2015. Keep istiqomah azegjos.

Wasilas.

January 25, 2015 § Leave a comment

Wasilas 2015. Keep istiqomah broo!! – with Dendi, Fathur Adi, and Frido

View on Path

Teruntuk sahabatku tercinta.

January 15, 2015 § Leave a comment

Bismillah.

Yo whats up? Hehehe. Gue alhamdulillah masih sering reunian sama temen-temen sd dan smp. Kalo temen-temen tk kayanya udah pada lupa haha. Nah, kalo lagi nongkrong sama temen-temen sd atau smp pada gapercaya gitu kalo di SMA gue pernah jadi orang yang ngurusin masjid. Ya pas SMA gue kena musibah jadi ketua dkm/rohis. Sebejad itukah gue saat smp atau sd sampe temen-temen gue pada gapercaya? Huhu syedih 😦 wuakakakaka.

Tapi gue sangat bersyukur banget bisa masuk ke lingkungan orang-orang sholeh di dkm, alumninya dan teman-teman seperjuangan yang sama-sama berjuang di jalan dakwah. Duh berat banget bahasanya ya. Oke jadi kan gue orangnya sangat fudul ya, penasaran mulu sama beberapa hal. Gue suka tuh baca buku biografi entah itu pahlawan, politikus sampe artis sekalipun. Gue penasaran aja kenapa mereka bisa sangat berpengaruh. Apa yang mereka lakuin sih? Sama-sama makan nasi kan? haha.

Karena gue pernah jadi anggota rohis, gue juga penasaran kan sama kaka kelas/kader-kader dakwah yang punya prestasi banyak. Apa sih yang membuat mereka istiqomah di jalan dakwah? Kenapa sih mereka mau-mau aja gtu balik ke SMA buat ngisi mentoring? padahal kan anak SMA kalo diajak mentoring suka males-malesan, malah ada yang cabut-cabutan (pengalaman pribadi hehe). Dari rasa penasaran itu alhamdulillah gue dapet banyak ilmu setelah usaha nyari tulisan, profil, karya mereka. Gue analisis lewat blog mereka juga curhatan-curhatan mereka dan lain-lainnya. Biasanya gue nyari yang alumni atau mahasiswa itb. Karena gue emang pengen masuk itb tahun ini hehe. Disini nih tulisan-tulisan mereka yang menurut gue keren dan jadi sumber motivasi kalo lagi males sama hal-hal yang berkaitan dengan dakwah. Kang peha, Kang ryan, kang Ucup, kang rihandaulah, kang panji dan kang yorga.

Nah kali ini kang agus sutisna mau sharing pengalamannya kenapa masih bisa dan mau bertahan di jalan dakwah. Beliau angkatan 2008 sman 1, kuliah di stan, sekarang kerja di BPKP Palembang. Beristri dan in syaa Allah akhir Januari ini jadi ayah, mohon doanya ya. Di sma pernah jadi koordinator seni islam DKM, paskribaka, osis, kir, dan anak pramuka.
Selepas lulus sma masuk forkom alims, jadi mas’ul dan majelis syuro. Ini beberapa media sosialnya bisa di fudulin kalo ada dari pembaca yang ingin lebih mengetahui siapa beliau. Twitter, facebook, blog. Cekidot.

* Assalamu’alaikum warahmatullah wabara kathu

* Jazakallah kpd akh faiq yg sdh memberikan kesempatan kpd ane bs share d sini

*Tadi sekilas biodata saya telah dijelaskan oleh akh faiq

* Baiklah,  insya Allah sy share pengalaman sy dr dakwah sekolah, kmpus dan dakwah kantor

* Seperti halnya antum di sini,  ane melewati masa sekolah SD,  SMP,  SMA, Kuliah, kerja dan nikah(ups klo nikah blm smw y hee)

* Ane mengenal tarbiyah islam sejak SD yaitu di pesantren TPA,  TQA (pulang pergi). Di SMP sdh dikader jadi ketua rohis, ketua koprasi,  ketua pramuka (pratama) dan ketua osis.  Jabatan ini menurut sy sangat kejam.  Hhe

* Nah,  tapi di SMP ane blm faham dakwah sesungguhnya. Jadi blm tahu tentang urgensi dan pentingnya dakwah sekolah.  Yg ane tahu hny khairunnasi anfa’ahum linnas

*afwan klo harakatnya g tepat hhe.  Ok lanjut

* Nah,  mulai ane masuk SMANSA BOGOR. Di sini ane ketemu yg namanya Mentoring,  liqo,  usrah atau halaqah.  Ane mulai ngerasa ad atmosfer di masa SMA.  Pergaulan kota bogor saat itu lbh jelek dr kabupaten.  Hhe.

*Nah,  tp ane ikut mentoring sm aa senior dan jg smpet diisi mentoring oleh A andri. 

Di sini ane mulai menemukan jati diri.  Sifat ane yg pecicilan hhe, berkembang bersamaan dgn trjunnya ane di dakwah sekolah.  Awalny ane rendah diri,  namun setelah mengetahui betapa pentingnya pembinaan islam di sekolah2, ane langsung cinta ama yg namanya dakwah sekolah.

* Kelas XI.  Ane masuk ke dakwah ranah siyasi,  mksdnya masuk k dalam organisasi umum untuk mewarnainya dgn islam. Wajihah yg ane masuki ada 5. Paskibra skolah,  pramuka,  degung,  seni drama,  dkm dan OSIS.  (jgn dicontoh)

* Alhmdulillah,  lumayan ane bs sdikit ngasih kontribusi. Tapi ikhwahfillah,  hal ini GAK MUDAH.

*Krn kefuturan sering melanda ane dan kawan2 dlm dakwah di SMA

*Tapi satu kuncinya,  tetaplah dlm jamaah yg sholeh dan trus intropeksi diri.  Okeh kita lanjut lulus SMA.

*Pasca SMA,  ane sempet mau KELUAR dr dakwah.

* Hal ini dikarenakan kefuturan yg melanda pasca lepas dari kegiatan ekstrakurikuler sekolah krn mau ujian akhir.

* Namun Alhmdulillah, Allah msh memberikan petunjuk sehingga ane dipaksa jadi Mentor.  Ane rasa jni jebakan dr akh ikbal hehe.

* Ane keterima di STAN dan UI jurusan teknik mesin. Tapi ane ambil STAN di tangerang.  Dr rmh itu 2 jam naik motor.

* Ane memutuskan kembali ke sekolah untuk ngisi mentoring k sekolah.  Entah kenapa ane merasa hutang budi dengan dakwah ini.

*Ane ngerasa, klo senior2 ane dulu gak ngisi mentoring ke ane,  ane entah jadi anak kyk apa. Bisa jadi kyk di ganteng2 srigala.  Hehe

* Nah inilah yg mnjadi awal ane sdar klo dakwah sekolah merupakan URGEN banget!!!!!!

* Okeh lanjut ya.

*: Nah stelah lulus kuliah,  ane dipekerjakan di tansi pemerintah BPKP (BADAN PENGAWAS KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN) kota palembang. Nah di sini akhir dr dakwah sekolah ane.

* sadari,  ane g bs slamanya bs turun utk lngsung membina siswa sma dan smp. Ada h

Tahapan yg ane hrs masuki. Dan antum yg muda yg menggantikan ane dkk utk TURUN KE SEKOLAH

* ane masuk ke dakwah kantor.  Dan disini lbh sulit dr dakwah sekolah.  Dakwah itu taruhannya prinsip.  Waktunya kita mengaplikasikan materi liqo.

Singkat cerita,  di palembang,  DAKWAH SEKOLAHnya KACAU.

*krn apa? Krn:

  1. Lulusan kader dakwahnya kuliah di luar palembang.
  2. Letak geografis di sumsel yg berjauhan tidak seperti di bogor yg mudah mengadakan kajian islam akbar.
  3. Watak yg agak keras.
  4. Sumber buku islam yg sangat sedikit.
  5. Kajian islam yg sedikit.
  6. Smngat yg kndur dlm dakwah islam.
  7. Liqo yg tdk sehat krn kekurangan mentor.

* Jadi antum bersyukur akhi wa ukhti di bogor.  Gak ad alasan antum untuk mundur dr dakwah sekolah.

*Buku melimpah ruah,  kajian ad di mana2.  Kawan sefikrah banyak.  Liqo available.  Lalu jarak antar ikhwah dekat.

* Andai sy bisa kmbali k dkwah sekolah,  sy siap turun lagi. Krn itu merupakan salah satu ladang dan ikhtiar sy untuk memperoleh pahala yg melimpah ruah.

* Krn dakwah merupakan wasiat Rasulullah SAW.

* saja akh faiq dkk yg bs ane bagikan. Afwan jika dlm tulisan ane ad yg kurang berkenan.

* Oia tambahan

*Hasil duniawi yg antum peroleh,  ketika kita terjun di dakwah adlh seperti:

* 1. Kebiasaan kita senyum,  memecahkan masalah dan juga komunikasi yg baik,  Alhmdulillah  di palembang ini ane dipeecaya jd bndahara bidang,  pengisi doa dan juga pengajar bagi kab kota yg ada di sumsel.

  1. Kita juga dipercaya dlm tugas, krn kebiasaan kita di dakwah sekolah yg berpikir cepat, kreatif dalam membungkus kebaikan. Dan tentu niat krn Allah sehingga kinerja akan optimal.

Dll.. 

Nah gimane? buat temen-temen sesama muslim. Yuk jangan lelah dalam berdakwah. Karena ternyata berdakwah bukan hanya untuk para da’i. Di alqur’an ada tuh yang menjelaskan kalo seorang muslim yang sudah bersyahadat wajib berdakwah. Tapi gue lupa ayat berapa sorry hehehe.

wallahualam bishawab tumblr_m7nwfplnMi1qfwp61o1_1280

Wasilas itu keren!

December 28, 2014 § 2 Comments

Bismiillah.

“waaa mampus lu jadi wasilas, ngegantiin kang tabiq wakakakakaka” begitulah percakapan kita anak-anak dkm saat kelas 12. Yang entah kenapa begitu ketakutan kalo sudah lulus dan jadi wasilas. Ketakutan itu muncul mungkin karena bbq (Bina Baca Qur’an). Yang identik dengan mengajar dan kembali kesekolah setiap minggu di hari sabtu. Entah itu karena takut ketemu guru karena malu, belum berani mengajar, dan pikiran pikiran kotor (negatif) yang membuat anak-anak dkm angkatan gue saat itu saling meledek kalo sudah lulus, domisili di jabodetabek dan jadi anggota wasilas. ha ha ha 😀

Wasilas tuh apa sih? Wasilas itu adalah wadah silaturahim alumni muslim SMAN 2 Bogor. Nah! kalo dari namanya berarti bukan hanya alumni dkm/rohis yang menjadi anggota wasilas kan. MUSLIM yang alumni SMAN 2 Bogor-pun harusnya wasilas. Wasilas di bentuk pada tahun 1992 oleh alumni SMANDA (mayoritas alumni rohis) yang sangat mencintai adik kelasnya hehehe. Alasan wasilas dibentuk untuk memfasilitasi alumni rohis SMANDA dan kembali ke sekolah membimbing ade kelas rohis di smanda. Kece banget kan? yoi doooong.

Sejak lulus 6 bulan yang lalu gue udah membantu kang tabiq mengisi bbq. Alhamdulillah ternyata  kegiatan ini sangat menyenangkan, seriusss!!! Balik ke sekolah setiap sabtu. Ketemu adik-adik kelas nan cantik dan juga lucu-lucu. (wkwkwkw bcandaa) Ngajar ngaji, sharing diskusi ilmu agama. Sampe diskusi masalah percintaan di kelas hehehe. Awalnya juga mempertanyakan kenapa harus bantu bbq? kan gue masih bejad gini, ilmu agama juga pas-pasan. Tampang preman masa dijadikan mentor dan membimbing adik kelas di SMA 2 di bbq? Setelah mempertanyakan itu ternyata alasannya adalah pengurus wasilas yang menjadi mentor bbq tidak asal-asalan di pilih, ada kriteria yang harus dipenuhi. Dan ternyata gue terpilih. Yang memilih itu adalah kaka anggota wasilas yang lebih tua juga guru agama islam di smanda. Awalnya sangat berat, tapi karena bimbingan kaka wasilas dan orang tua akhirnya bisa bersemangat dan ternyata luar biasa menyenangkan kegiatan mengajar di bbq ini. Padahal sebelumnya ini adalah kegiatan yang ditakuti oleh angkatan gue hehe.

Wasilas bbq doang? kaga broo!! ternyata masih banyak kegiatan yang sangat menarik. Seperti acara rihlah untuk anggota dkm. Silaturahim anggota wasilas dari tahun 1997-2014. Workshop untuk anggota wasilas yang di isi oleh pembicara keren dan masih banyak lagi. Yang secara keseluruhan kegiatannya itu adalah kegiatan agama islam (dakwah, ngaji, memperdalam agama islam) yang di bungkus dengan keren pada acara-acara tersebut. Sekarang akhirnya mindset gue sudah berubah. Ternyata wasilas itu keren!! jangan takut dan jangan malu jadi anggota wasilas. Disini kalo niat kita bener lillahitaala insya Allah semua kegiatan yang kita lakukan dapet pahala. Beh gilee keren kan? Yah semoga wasilas angkatan 2014 (yang baru) nanti bisa membuat wasilas yang lebih baik.

wallahualam bishawab

image

Where Am I?

You are currently browsing the DKM category at eibidifaiq.