Sembunyikan Amalanmu!

August 19, 2016 § Leave a comment

Bismillah.

Yak hari ini as usual gue ngisi mentoring. Bahasa kerennya liqo. Nah, gue kadang jiper abis waktu mau berangkat. Karena terngiang-ngiang di kepala gue tentang konsep.

“Kaburo maktan indallahi antaquluu maalaa taf ‘aluun”

Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.
(QS As-Shaf : 3)

Kalo bahasa guenya yang mucul di dalam hati. “bacot doang nih lu. Masih sering maksiat ge, berani-beraninya ceramah macem ustadz. Inget coy orang munafik itu masuk neraka!”

Waduh.

Bisa aja sih gue sepik sakit, ada agenda, atau tiba-tiba ngilang terus ga dateng ngisi. Tapi karena ini amanah ya, dan yang ngasih amanahpun percaya sama gue kalo gue bisa. Masa gue cupu dan ga ambil tantangan ini terus malah menghindar. Ga gue banget.

Jadi gue selalu ngingetin ke anak-anak liqoan gue. Kalo gue cuma menyampaikan apa yang Al-qur’an bilang. Apa yang hadits shahih bilang. Jadi jangan liat siapa yang ngomong. Even yang ngomong orang tatoan sekalipun. Kalo kata Al-qur’an itu, yaudah sami’na waato’na. Jangan liat orangnya. Gitu.

Tapi, gue juga berusaha sekuat mampus lah gila untuk ngejalanin apa yang gue omongin. Wah berat bener dah.

Oke intronya kepanjangan. Haha. Jadi materi yang gue kasih hari ini. Tentang menyembunyikan amal. Biar gak masuk ke dalam kategori riya kali ya maksudnya. Tadi seru abis sih kita diskusinya. Kita sharing-sharingnya. Ohiya, satu lagi. FYI gue kalo diskusi selalu berusaha untuk mereka berpendapat dulu, mereka kasih statemen dulu baru gue. Soalnya gue pengen kita kaya seumuran/sederajat aja. Walaupun ya emang gue lebih tua 5tahun dan diposisikan untuk jadi murrobi, macem gurunya lah.

Oke materinya ini :

https://rumaysho.com/656-tanda-ikhlas-berusaha-menyembunyikan-amalan.html

Panjang banget men kalo gue copy kesini. Dibaca sampe abis ya! Jangan cuma scroll-scroll kebawah aje.  Jadi ya intinya jangan riya lah ya. Dan selalu niatkan tulus untuk ridho Allah, dan kebaikan umat manusia juga kemudian masih banyak lagi.

Dan juga gue sering di kritik. Eh ga sering sih. Ada lah yang nge kritik. Gue sangat berterima kasih. Kalo misalnya tulisan-tulisan gue yang ada di blog ini, masih belom lurus secara keislamannya. Masih liberal dan sekuler lah kali ya maksudnya. Oke, dari situ gue belajar untuk lebih berhati-hati, lebih cerdas lagi dalam menulis. Yang ujungnya semoga tujuan dari tulisan-tulisan gue nyampe. Sesuai prinsip dan kebenaran yang gue pegang.

Tapi gapapa sih kalo ada yang mengira tulisan-tulisan di dalam blog ini belum lurus secara keislaman dan kesannya liberal. Karena emang tulisan-tulisan dalam blog ini tujuannya untuk masuk ke temen-temen yang gaul, gokil, ammah etc. Dan paham kalo islam liberal, sekuler itu serem coy! Jadi gadapet kesan sholeh dari temen-temen yang kayanya sholeh ya gapapa. Haha. Berarti gue berhasil untuk dapet kesan liar dan nakal. Padahal tujuannya bukan itu. Ohiya semua sosmed gue isinya sama kaya di blog. Otomatis kesannya sama dengan di blog.

But Thanks! Gue akan terus belajar. Dan semoga nyampe ketujuan. Yang gue udah buat.

Stay wild! Tapi tetep santun….

(Dr. Gamal albinsaid)

Advertisements

BBQ.

February 21, 2015 § Leave a comment

Bismillah.

Akhirnya bbq diadakan lagi. Bisa ketemu adik kelas emmesh deh, alhamdulillah. Wakakakak canda. Ya keep istiqomah bradeer 🙂

11111111111

Wasilas itu keren!

December 28, 2014 § 2 Comments

Bismiillah.

“waaa mampus lu jadi wasilas, ngegantiin kang tabiq wakakakakaka” begitulah percakapan kita anak-anak dkm saat kelas 12. Yang entah kenapa begitu ketakutan kalo sudah lulus dan jadi wasilas. Ketakutan itu muncul mungkin karena bbq (Bina Baca Qur’an). Yang identik dengan mengajar dan kembali kesekolah setiap minggu di hari sabtu. Entah itu karena takut ketemu guru karena malu, belum berani mengajar, dan pikiran pikiran kotor (negatif) yang membuat anak-anak dkm angkatan gue saat itu saling meledek kalo sudah lulus, domisili di jabodetabek dan jadi anggota wasilas. ha ha ha 😀

Wasilas tuh apa sih? Wasilas itu adalah wadah silaturahim alumni muslim SMAN 2 Bogor. Nah! kalo dari namanya berarti bukan hanya alumni dkm/rohis yang menjadi anggota wasilas kan. MUSLIM yang alumni SMAN 2 Bogor-pun harusnya wasilas. Wasilas di bentuk pada tahun 1992 oleh alumni SMANDA (mayoritas alumni rohis) yang sangat mencintai adik kelasnya hehehe. Alasan wasilas dibentuk untuk memfasilitasi alumni rohis SMANDA dan kembali ke sekolah membimbing ade kelas rohis di smanda. Kece banget kan? yoi doooong.

Sejak lulus 6 bulan yang lalu gue udah membantu kang tabiq mengisi bbq. Alhamdulillah ternyata  kegiatan ini sangat menyenangkan, seriusss!!! Balik ke sekolah setiap sabtu. Ketemu adik-adik kelas nan cantik dan juga lucu-lucu. (wkwkwkw bcandaa) Ngajar ngaji, sharing diskusi ilmu agama. Sampe diskusi masalah percintaan di kelas hehehe. Awalnya juga mempertanyakan kenapa harus bantu bbq? kan gue masih bejad gini, ilmu agama juga pas-pasan. Tampang preman masa dijadikan mentor dan membimbing adik kelas di SMA 2 di bbq? Setelah mempertanyakan itu ternyata alasannya adalah pengurus wasilas yang menjadi mentor bbq tidak asal-asalan di pilih, ada kriteria yang harus dipenuhi. Dan ternyata gue terpilih. Yang memilih itu adalah kaka anggota wasilas yang lebih tua juga guru agama islam di smanda. Awalnya sangat berat, tapi karena bimbingan kaka wasilas dan orang tua akhirnya bisa bersemangat dan ternyata luar biasa menyenangkan kegiatan mengajar di bbq ini. Padahal sebelumnya ini adalah kegiatan yang ditakuti oleh angkatan gue hehe.

Wasilas bbq doang? kaga broo!! ternyata masih banyak kegiatan yang sangat menarik. Seperti acara rihlah untuk anggota dkm. Silaturahim anggota wasilas dari tahun 1997-2014. Workshop untuk anggota wasilas yang di isi oleh pembicara keren dan masih banyak lagi. Yang secara keseluruhan kegiatannya itu adalah kegiatan agama islam (dakwah, ngaji, memperdalam agama islam) yang di bungkus dengan keren pada acara-acara tersebut. Sekarang akhirnya mindset gue sudah berubah. Ternyata wasilas itu keren!! jangan takut dan jangan malu jadi anggota wasilas. Disini kalo niat kita bener lillahitaala insya Allah semua kegiatan yang kita lakukan dapet pahala. Beh gilee keren kan? Yah semoga wasilas angkatan 2014 (yang baru) nanti bisa membuat wasilas yang lebih baik.

wallahualam bishawab

image

Rohis building

December 8, 2014 § 1 Comment

Sekolah impian (dulu) haha, adek gua harus masuk sini!! 🚂🚂🚂🚂🚂🚂🚂🚂🚂🚂🚂
H-7 Rohis Building SMA dan SMP se-Kota Bogor 😱

Ahad, 14 Desember 2014 dari jam 08.00-16.00
Tempat: SMAN 6*

Dicatat ya 📝
Dan kabarkan ke teman-temannya ya ayo segera daftar dan pastikan sekolah mu ikut 😄

Pendaftaran
Kirim sms/wa ke

Ikhwan: Indra +62 813-1799-2405
Akhwat: Fathim +62 857-1409-9252

Format: Nama, asal sma/smp, jabatan di rohis, harapan ikut rohis building

Atau isi formulir online di bawah ini

http://tinyurl.com/rohisbuildingbogor

Presented by
SINTESA
💫💫💫💫💫💫💫💫💫💫💫

View on Path

Where Am I?

You are currently browsing the Mengajar category at eibidifaiq.